Wednesday, December 22, 2010

ANTARA :: Hati-hati Gunakan Sosial Media

Makassar (ANTARA News) - Praktisi teknologi informasi Onno W. Purbo meminta masyarakat berhati-hati menggunakan fasilitas jejaring sosial karena bisa dimanfaatkan orang- orang tertentu untuk melakukan penipuan.

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut mengatakan hal tersebut saat berkunjung di Makassar, Selasa. Dia menilai banyak peretas (hacker) dunia yang menggunakan linux dalam melakukan tindak kejahatan dunia maya.

"Ada banyak macam-macam praktik kejahatan di dunia maya, seperti menggunakan email atau akun facebook. Hal ini seperti dialami seorang mahasiswi di Jawa yang seluruh data facebooknya di-copy seseorang dan dibuatkan sebuah blog yang menjual kecantikan dan kemolekan tubuhnya," ungkap dia.

Dia mengimbau agar masyarakat tidak terlalu menampilkan pribadi dirinya di akun jejaring sosial seperti facebook, twitter dan sosial media lainnya.

Dalam kunjungannya di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Onno, juga memberikan pelatihan singkat perkembangan dunia peretas jaringan TI dan cara mereka memanfaatkan sistem operasi linux dengan menggunakan gudang perangkat lunak (distro backtrack).

Dikatakannya, kebebasan internet saat ini membuat kalangan tertentu menjadikannya sebagai ajang kejahatan.

"Kalau bisa pengguna internet awam menggunakan proteksi keluarga semisal `Norton` atau `Kaspersky` untuk menghindari serangan penyusup," ungkap dia.

Dia meminta pengguna internet menghindari penggunaan perangkat lunak bajakan, dan secepatnya menggunakan perangkat yang asli atau menggunakan perangkat gratisan yang jauh lebih baik seperti "linux".
(KR-HK/M012/A038)

http://www.antaranews.com/berita/1292933076/hati-hati-gunakan-sosial-media

0 comments: