Sunday, December 26, 2010

Panorama Indah Curug Tujuh Cibolang - Ciamis


Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa Ciamis memiliki satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi selain Pantai Pangandaran, Situ Lengkong, Green Canyon (Cukang Taneuh), dan lainnya.Objek wisata ini bernama Curug Tujuh. 

Curug Tujuh yang berlokasi di Kampung Nanggela, Desa Sandingtaman Kec. Panjalu, merupakan objek wisata air terjun dengan dinding alam Gunung Sawal yang menjulang tinggi. Karena itu, wana wisata Curug Tujuh makin menarik untuk dikunjungi, dan bahkan cocok untuk dijadikan sebagai lokasi shooting film atau sinetron. Luas lokasi wana wisata ini sekitar 40 hektar pada areal hutan/perkebunan milik Perum Perhutani.

Panorama alam yang indah dan suasana hutan perawan menjadi daya tarik Wana Wisata Curug Tujuh. Karena di kiri kanan tempat itu menjulang tinggi bukit gunung Ciparang, dan Cibolang yang masih bagian dari Gunung Syawal yang mempunyai ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.Selain itu,suasana di kawasan hutan ini terasa sejuk dan bebas polusi,sehingga menambah betah untuk menikmatinya. Karena di kawasan hutan ini ada tujuh buah air terjun (curug) berjejer yang mengalirkan air ke Sungai Cibolang dan Sungai Cimantaja,menurut Odang,maka dikenal dengan nama Wana Wisata Curug Tujuh.


Tiap curug punya masing-masing nama seperti Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Konon, satu di antara tujuh curug tersebut mengalirkan air yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. ”Karena air terjun yang mengalir berasal dari kawah Gunung Sawal diketahui mengandung belerang sehingga berkhasiat sembuhkan berbagai penyakit kulit, rematik, encok dan pegal linu” tutur H.Uned didampingi Hidayat Daday Herditia Selama ini, memang belum banyak pengunjung yang datang setiap harinya, karena fasilitasnya belum memadai dan promosi yang belum tersebar luas.

Sarana transportasi menuju lokasi Wana Wisata Curug Tujuh,tidaklah sulit. Asalkan saja, perjalanannya dilakukan pada siang hari.Kalau dari jalan raya jurusan Panjalu - Kawali, baik yang datang dari arah barat maupun dari arah timur, belok ke Kampung Cipicung Desa Sandingtaman terus menuju Kampung Nanggela, dan sampailah ke kawasan Wana Wisata Curug Tujuh. Sekitar 7 km dari jalan raya jurusan Panjalu-Kawali.







Dari berbagai sumber.

0 comments: