Pencuri Insyaf Kirim Uang untuk Bayar Palu yang Diembat 30 Tahun Lalu

REPUBLIKA.CO.ID, PITTSBURGH--Seorang pencuri mengirimkan amplop berisi uang kepada keluarga pemilik toko bahan pasokan di Pennsylvania barat. Uang itu ialah bayaran bagi sebuah palu yang ia curi berdekade lalu, begitu pengakuan salah seorang pemilik toko.

Uang tunai itu tiba di toko Central Contractors Supply Co, Johnstown, Pennsylvania. Di dalamnya terdapat nota kecil dengan tulisan tangan bahwa palu telah dicuri 25 atau 30 tahun lalu, demikian tutur Lynne Gramling, yang memiliki toko bersama ayahnya. 

"Saya tahu itu salah tapi saya melakukannya. Bersama ini sejumlah uang 45 dolar untuk harga palu plus sedikit bunga," bunyi surat tanpa tanda tangan tertanggal 6 Desember itu. "Saya minta maaf telah mencurinya namun itu telah mengubah jalan saya,"

Pemilik mengakui banyak barang menghilang sejak keluarga itu membeli toko itu sekitar 50 tahun lalu. Namun surat itu adalah pertama kali seorang pencuri membayar barang curiannya.

Lynne mengambil uang itu ke supermarket terdekat, di mana ayahnya menjadi relawan pemencet bel Angkatan Darat. "Saya pergi dan meletakkan uang itu di dekat teko ayah saya," ujarnya seraya mengatakan uang itu sungguh jauh lebih banyak daripada harga palu. "Ia (pencuri-red) sungguh sangat dermawan," katanya.




Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber: Ant/Rtr
http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/10/12/21/153582-pencuri-insyaf-kirim-uang-untuk-bayar-palu-yang-dicuri-30-tahun-lalu

Comments

Popular Posts